Pengertian Alat Musik Ritmis Adalah

Alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki nada yang nantinya akan dihasilkan, alat musik dikategorikan ke dalam 3 macam yaitu alat musik melodis, alat musik harmonis dan alat musik ritmis.

alat musik ritmis adalah
alat musik ritmis

Alat Musik Ritmis Adalah

Suatu jenis alat yang memang digunakan untuk bermain musik. Nah dilihat dari pengertian saja, contoh, dan cara memainkannya pun sangat berbeda loh! Dari apa yang diketahui sampai saat ini, ternyata alat musik ritmis ini sangat unik.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis berfungsi untuk digunakan sebagai alat penghibur diri yang disukai oleh semua kalangan baik tua muda bahkan dari zaman dulu hingga sekarang. Jika ada musik maka disitu pasti ada alat musik yang digunakan.

Fungsi alat musik ritmis adalah digunakan untuk pengiring atau bisa juga digunakan sebagai pengatur tempo pada suatu lagu, karena alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak bernada.

Contoh Alat Musik Ritmis

Alat musik sebenarnya terbagi menjadi berbagai macam jenis menurut fungsinya, seperti yang sudah dibahas di atas alat musik yang terbagi menurut fungsinya ada 3 yaitu alat musik ritmis, melodis dan juga harmonis.

Alat musik ritmis ialah alat musik tidak bernada atau tidak memiliki nada yang tetap. Alat musik ini digunakan sebagai pengiring atau digunakan sebagai pengatur tempo pada sebuah lagu.

Dan sekarang aku akan berikan contoh alat musik ritmis, ini adalah alat musik ritmis beserta namanya :

  • Kungo
  • Marakas
  • Triangle
  • Tamborin
  • Drum
  • Gendang

Dari contoh di atas aku akan sedikit membahas tentang alat musik ritmis dan asal daerahnya di bawah ini.

Alat Musik Ritmis Beserta Keterangannya

  • Kungo
Alat Musik Ritmis Kongo
Gambar Alat Musik Ritmis Kongo

Kungo merupakan alat musik ritmis tradisional yang asalnya dari negara Amerika, Kungo dibuat menggunakan bahan kayu yang bentuknya mirip dengan Gendang, namun Kungo memiliki bentuk yang panjang sehingga memberikan kesan unik.

Sama halnya seperti Gendang, Kungo juga pada permukaanya atau sisi yang rumpang ditutup oleh kulit hewan yang sudah diolah, bagian ini akan digunakan untuk dipukul. Kungo ada dua jenis yang berbeda berdasarkan ukuran, ada yang tinggi dan ada yang pendek

  • Marakas
Alat Musik Ritmis Marakas
Gambar Alat Musik Ritmis Marakas

Alat musik ritmis tradisional ini sangat berbeda dalam segala hal kecuali fungsinya dengan Kungo. Bentuk dari Marakas terlihat seperti pin bowling yang di dalamnya terdapat butiran-butiran kecil seperti biji dan cara memainkannya adalah dengan di goyang-goyangkan dengan kedua tangan.

Ada satu halnya membuat perbedaan antara alat musik ritmis dan melodis, yaitu jika alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak memiliki nada sedangkan untuk alat musik melodis memiliki nada.

Alat Musik Ritmis dan Cara Memainkannya

Dalam era modern pun ada alat musik ritmis, nah ini adalah contoh-contoh dari alat musik ritmis modern dan juga cara memainkannya.

Di zaman yang sudah modern ini, tidaklah sulit untuk menemukan alat musik karena sudah banyaknya para pembuat alat musik seperti drum. Drum modern sudah tidak menggunakan kulit hewan untuk membrannya, saat ini drum menggunakan plastik untuk menggantikan kulit hewan.

Salah satu contoh alat musik ritmis modern yang sudah terkenal adalah Tamborin. Tamborin merupakan alat musik yang terbuat dari lempengan logam yang dibentuk seperti lingkaran, lempengan ini ada dua dan cara memainkannya adalah dengan menggesekan atau membenturkan keduanya.

Alat musik ritmis modern bernama Tamborin ini dapat digunakan sebagai pengiring sebuah lagu yang iramanya terkesan riang. Tamborin juga ada yang bahan untuk membuatnya terbuat dari kulit kering.

Alat Musik Melodis

Setelah membahas alat musik ritmis modern alangkah baiknya kita kembali menyinggung tentang alat musik melodis.

Alat musik melodis merupakan alat musik yang bisa menghasilkan nada atau melodi, tapi alat musik ini tidak bisa digunakan atau dimainkan jika menggunakan Krod Sendirian. Nada yang dihasilkan oleh alat musik melodis biasanya memiliki notasi Do, Re, Mi, dan seterusnya.

Dalam arti lain alat musik melodis yaitu alat musik yang bisa menghasilkan irama atau nadanya sendiri dan fungsi yang sering digunakan oleh alat musik melodis adalah untuk mengatur nada dalam suatu musik.

Cara Untuk Memainkan Alat Musik Melodis

  1. Ditiup (alat musik Suling atau Pianika)
  2. Ditekan (alat musik Piano atau Akordion)
  3. Digoyang (alat musik Angklung)
  4. Digesek (alat musik Biola/Violin)
  5. Dihisap (alat musik Harmonika)

Mungkin itu saja yang bisa aku bahas tentang alat musik ritmis semoga bisa mengobati rasa ingin tahu kalian dan bisa menambah wawasan kalian semua.

Alat Musik :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*