12 Alat Musik Tradisional Batak (Lengkap)

Alat musik tradisional Batak – Batak adalah salah satu suku yang sangat besar yang berasal dari Indonesia. Asal nama “Batak” sendiri merupakan istilah untuk masyarakat yang biasanya bertempat tinggal di daerah Pantai Barat dan Timur Sumatera Utara.

alat musik tradisional batak
Gambar alat musik tradisional batak

Batak juga bisa disebut sebagai kumpulan masyarakat yang menetap di Sumatera Utara. Kebudayaan yang dimiliki Batak ada beberapa yang lumayan menyeramkan dan beberapa dari kita mungkin sudah tahu. Tapi walaupun begitu, Batak juga memiliki tradisi dan kesenian yang bisa kita pelajari khususnya adalah mengenal alat musik tradisional Batak Toba.

Baca Juga :  15 Alat Musik Tradisional dari Sumatera Utara (Lengkap)

Selain itu ada juga jenis alat musik tradisional Batak Toba lainnya yaitu :

  • Alat musik tradisional Batak Karo
  • Alat musik tradisional Batak Mandailing
  • Alat musik tradisional Batak Pakpak
  • Alat musik tradisional Batak Simalungun
  • Alat musik tradisional Batak Toba

Dan masih banyak lagi alat alat musik tradisional Batak Toba lainnya yang bisa kita pelajari dan ketahui. Selain itu juga sebagai informasi saja bahwa Batak memiliki kalender sendiri seperti kalender Jawa, kalender Batak sendiri memiliki sebutan sendiri untuk hari dan bulannya.

Alat Musik Tradisional Batak

“Batak” mungkin kita jika mendengar kata itu akan langsung berfikir dengan orang-orang yang nada bicaranya tegas, keras dan terkesan blak-blakan. Mungkin akan sangat tidak sesuai atau kita akan sedikit canggung kepada mereka terutama yang asli orang Jawa. Tapi terlepas dari semua itu kesenian mereka sungguh sangat menarik untuk kita bahas terutama untuk alat musiknya.

Baca Juga :  6 Alat Musik Tradisional Bengkulu (Lengkap)

1. Oloan

Alat Musik Tradisional Batak Oloan
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Oloan

Oloan adalah alat musik tradisional suku Batak yang cara memainkannya adalah dengan dipukul. Alat musik tradisional ini biasanya dimainkan dengan ogung lainnya dalam suatu ensambel musik. Untuk memainkan Oloan kita tidak boleh sembarangan karena suara yang dihasilkan cukup besar dan jika salah akan sangat terdengar. Sebagai informasi termasuk Oloan ada 4 ogung yang memiliki fungsi berbeda-beda.

2. Ihutan

Alat Musik Tradisional Batak Toba Ihutan
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Toba Ihutan

Ihutan adalah salah satu gung yang sudah aku bahas di atas, Ogung Ihutan bertugas sebagai pengiring nada untuk Oloan. Nada yang dihasilkan alat musik tradisional Batak ini lebih tinggi dari Oloan. Keempat Ogung ini memiliki ukuran yang berbeda beda tergantung fungsinya.

Baca Juga :  4 Alat Musik Tradisional Papua Barat (Lengkap)

3. Panggora

Alat Musik Tradisional Batak Panggora
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Panggora

Suku Batak sendiri terdiri dari banyak suku, dan hampir setiap suku tersebut memiliki Ogung sendiri. Panggora juga salah satu 4 Ogung yang memiliki fungsi sendiri, suara yang dihasilkan alat musik tradisional ini sangatlah keras dan bisa menutupi suara dari Ogung lainnya.

4. Doal

Alat Musik Tradisional Batak Doal
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Doal

Doal adalah Ogung yang nada yang dihasilkan adalah nada rendah, irama yang dihasilkan Ogung ini beritme konstan.  Alat musik tradisional ini memiliki peran sebagai penambah variasi nada dan digunakan oleh para pemain Ogung lain sebagai suatu acuan ritme.

5. Hesek

Alat Musik Tradisional Batak Hesek
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Hesek

Alat musik tradisional Suku Batak Toba yang lain adalah Hesek, alat musik ini adalah alat musik tradisional yang digunakan sebagai pembawa tempo. Bahan untuk membuat Hesek adalah pecahan logam yang dipukul menggunakan botol. Cara memainkan Hesek adalah dengan memukulkan pecahan logam tersebut dan karena itu alat musik ini masuk kategori alat musik idiophone.

Baca Juga :  11 Alat Musik Tradisional Papua (Lengkap)

6. Garantung

Alat Musik Tradisional Batak Garantung
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Garantung

Masih ada nama alat musik tradisional Batak yang lainnya dan alat musik itu yaitu Garantung Batak. Garantung ini memiliki 7 buah wilahan yang diletakan dengan cara digantung dan ada resonator dibawahnya. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul menggunakan 2 buah alat pemukul yang berbentuk stik.

Cara atau teknik untuk memainkan Garantung ini bermacam-macam tergantung dari pemainnya. Pada umumnya tangan kiri dalam memainkan Garantung adalah untuk pembawa ritme. Alat musik tradisional ini termasuk alat musik xylophone.

7. Gondang

Alat Musik Tradisional Batak Gondang
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Gondang

Gondan merupakan salah satu nama alat musik tradisional Batak Toba yang berbentuk gendang yang ukurannnya lebih besar dari Taganing. Gondang dalam suatu ensambel musik berfungsi sebagai pembawa ritme. Selain itu Gondang juga digunakan sebagai alat musik “bass”.

Baca Juga :  6 Alat Musik Tradisional Riau (Lengkap)

8. Taganing

Alat Musik Tradisional Batak Taganing
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Taganing

Di atas aku udah sebutin nama Taganing yang juga merupakan alat musik tradisional Batak Toba dan fungsinya sebagai pembawa melodi dan juga ritme tergantung dengan lagu yang dibawakan. Karena cara memainkannya adalah dengan memukul bagian membrannya maka Taganing termasuk dalam alat musik membranophone.

Taganing adalah satu set drum melodis yang isinya ada 5 gendang yang disusun dengan digantung pada suatu rak. Bentuk Taganing memang mirip seperti Gondang dan sudah dibahas di atas bahwa ukuran Taganing lebih kecil dari Gondang.

Untuk peletakan Gendangnya sendiri di urutkan dari yang paling besar hingga yang terkecil, yang paling besar ada di kiri dan berurutan sampe yang paling kecil di kanan. Nada yang dihasilkan juga berurutan dari yang rendah hingga tinggi. Pemain yang memainkan Taganing biasanya ada 1 sampai 2 orang.

Jika Gondang memiliki irama yang konstan lain lagi dengan Taganing, yaitu melodis. Taganing sendiri adalah alat musik tradisional yang penting pada suatu ensambel musik, karena Taganing berperan seperti seorang “Dirigen”. Alat musik ini juga sangat direkomendasikan untuk bermain dengan melodi Serune.

9. Odap

Alat Musik Tradisional Batak Odap
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Odap

Odap merupakan alat musik tradisional Batak Toba yang merupakan alat musik yang dikategorikan sebagai alat musik membranophone. Odap adalah alat musik gendang dan punya dua sisi yang perannya adalah membawa ritme, Odap dimainkan pada saat pawai dan sebagai pengiring lagu-lagu tertentu pada Gondang Sabangungan.

Baca Juga :  7 Alat Musik Tradisional Minangkabau (Lengkap)

10. Sarune Bolon

Alat Musik Tradisional Batak Sarune Bolon
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Sarune Bolon

Alat musik tradisional ini terbuat dari bahan logam. Pada Sarune Bolon terdapat 6 lubang yang berguna untuk memainkan nada, alat musik ini memiliki peran untuk membawa melodi.

Sarune Bolon juga merupakan alat musik tradisional Batak Toba yang termasuk dalam kesenian Gondang Sabangunan dan dimainkan berdampingan dengan alat musik lainnya seperti Taganing dan beberapa yang sudah aku sebutkan di atas.

Untuk masyarakat Simalungun, Sarune Bolon sering digunakan juga pada sebuah kesenian yang bernama Gindrang Saparangguan. Alat musik dimainkan saat upacara adat berdampingan dengan alat musik Gondrang, 4 Ogung dan beberapa alat musik lainnya.

11. Sarune Bulu

Alat Musik Tradisional Batak Sarune Bulu
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Sarune Bulu

Sarune Bulu merupakan alat musik tradisional yang bahan pembuatannya menggunakan satu ruas bambu yang di setiap ujungnya di lubangi, ruas bambu ini memiliki panjang 10 sampai 12 cm dan memiliki diameter 1 – 2 cm. Pad

a badan bambu tersebut akan dilubangi 5 buah lubang yang berbeda-beda ukurannya.

Pada salah satu ujungnya akan dipasang sebuah reeds (lidah) yang terbuat dari bambu yang dicungkil dan berfungsi sebagai penggetar, reeds ini akan diletakan di dalam badan Sarune dan panjang reedsnya adalah 5 cm.

Baca Juga :  4 Alat Musik Tradisional Lampung (Lengkap)

12. Sulim

Alat Musik Tradisional Batak Sulim
Gambar Alat Musik Tradisional Batak Sulim

Sulim merupakan alat musik tradisional Batak yang masih satu family dengan suling. Alat musik ini tidak memiliki panjang yang tetap, karena panjang alat musik ini tergantung dengan nada dasar yang di inginkan.

Pada umumnya Sulim terdapat 6 lubang yang jaraknya tidak diukur secara sembarangan. Sulim biasa memainkan lagu-lagu yang memiliki nada minor, walaupun begitu sebenarnya Sulim lebih cenderung bernada mayor.

Yang membuat Sulim berbeda dengan Suling adalah alat musik ini akan menghasilkan suara yang terus bergetar. Hal ini terjadi karena pada Sulim ada sebuah lubang yang memang sengaja dibuat, lubang ini memiliki diameter 1 cm atau lebih kecil dan tertutup oleh membran yang berbahan plastik.

Baca Juga :  10 Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah (Lengkap)

Ogung adalah alat musik tradisional Suku Batak Simalungun, tapi mungkin tidak hanya itu saja masih banyak lagi alat musik yang mungkin tidak tercantum di atas. Walaupun tidak cukup lengkap tapi semoga artikel ini bisa membantu menambah wawasan kalian tentang kesenian dan kebudayaan di negara kita Indonesia.

Alat Musik :

One thought on “12 Alat Musik Tradisional Batak (Lengkap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *