5 Alat Musik Tradisional Gorontalo (Lengkap)

Alat musik tradisional Gorontalo –  Provinsi Gorontalo lahir pada tahun 2000 dan pada tahun tersebut berbarengan dengan munculnya wilayah (Otonomi Daerah) yang terjadi saat Era Reformasi.

Gorontalo sering dikenal dengan sebuah Provinsi yang terdapat 5 suku di dalamnya Etnis tersebut ada yang berbentuk keluarga (Pohala’a), Etnis Hulontalo, Etnis Suawawa, dan etnis lainnya. Walaupun terdapat etnis yang berbeda-beda tapi mereka saling membaru dan bersatu, hal itu dapat dijadikan cermin bahwa sebenarnya rakyat Indonesia memiliki toleransi yang tinggi.

alat musik tradisional gorontalo
Gambar alat musik tradisional gorontalo

Sebagian wilayah di Provinsi Gorontalo merupakan sebuah pegunungan yang terbentang dari utara hingga selatannya. Nah jika kalian orang yang suka dengan travelling maka Gorontalo merupakan destinasi yang sangat cocok untuk kalian, karena akan ada banyak panorama pegunungan yang indah. Namun terlepas dari objek wisata yang indah, kali ini aku akan membahasa tentang kebudayaannya yaitu alat musik tradisional dari Gorontalo.

Alat Musik Tradisional Gorontalo

Alat musik tradisional provinsi Gorontalo sebenarnya ada banyak namun kali ini aku hanya akan membahas sedikit saja, salah satu alat musik tradisional asli masyarakat Gorontalo adalah Polopalo.

Baca Juga :  4 Alat Musik Tradisional Papua Barat (Lengkap)

1. Polopalo

Alat Musik Tradisional Gorontalo Polopalo
Gambar Alat Musik Tradisional Gorontalo Polopalo

Alat musik tradisional Gorontalo ini merupakan alat musik idiophone atau alat musik yang sumber suaranya berasal dari alat musik itu sendiri. Cara memainkan alat musik Palopo adalah dengan cara dipukul dan nantinya suara yang dihasilkan dari getaran alat musik tersebut.

Alat musik tradisional Polopalo ini terbuat dari bahan bambu yang memiliki bentuk seperti garputala lalu untuk bagian yang dipukul dikenal sebagai “lutut”. Lalu seiring perkembangan yang terbilang lambat ini, Polopalo mulai berubah untuk penyempurnaan alat musik tersebut, perubahan tersebut adalah adanya tambahan alat pemukul yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan karet.

Baca Juga :  7 Alat Musik Tradisional NTB (Lengkap)

Memainkan alat musik Polopalo gampang-gampang susah karena walaupun hanya memukul tetapi ada banyak teknik-teknik yang digunakan tergantung ritme dan komposisi aransemen musik.

2. Ganda

Alat Musik Tradisional Gorontalo Ganda
Gambar Alat Musik Tradisional Gorontalo Ganda

Ganda merupakan alat musik tradisional Gorontalo namun alat musik ini ada juga di daerah lain dan aku sudah pernah membahasnya di artikel alat musik tradisional Sulawesi Tengah. Ganda adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya sama seperti alat musik Gendang yaitu dengan cara dipukul pada 2 buah sisi yang dilapisi oleh kulit binatang.

Alat musik ini sangat mudah untuk dipelajari, hampir semua orang yang ingin mempelajarinya pasti akan bisa karena memainkan Ganda tidak memerlukan teknik khusus. Dengan latihan yang rutin saja maka kita dengan sendirinya akan memunculkan naluri untuk memukul. Walaupun mirip dengan Gendang namun ukuran alat musik tradisional ini jauh lebih kecil dan ramping.

3. Gambusi / Gambus

Alat Musik Tradisional Gorontalo Gambus
Gambar Alat Musik Tradisional Gorontalo Gambus

Gambus adalah alat musik tradisional yang sering kita jumpai di banyak daerah selain Gorontalo, karena alat musik ini ada dalam proses penyebaran agama Islam dan alat musik ini akan ada di daerah yang ajaran agama Islamnya kuat. Di Gorontalo ada seorang maestro musik Gambus yang handal yairu Risno Ahaya, dia sangat terkenal di Gorontalo.

Baca Juga :  9 Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan (Lengkap)

Gambus merupakan alat musik yang identik dengan budaya Melayu, Gambus memiliki senar yang berjumlah 9 (sembilan). Nada yang dihasilkan alat musik tradisional ini sangat lah khas dan sangat cocok dengan kebudayaan setempat. Alat musik Gambus biasanya tidak dimainkan sendiri melainkan berbarengan dengan alat musik Rebana Wahulo dan alat musik tradisional Gorontalo lainnya.

4. Marwas / Marawis

Alat Musik Tradisional Gorontalo Marwas
Gambar Alat Musik Tradisional Gorontalo Marwas

Marwas merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya yaitu dengan cara dipukul pada bagian membrannya yang terbuat dari kulit hewan. Alat musik tradisional Gorontalo ini adalah alat musik perkusi yang artinya harus dimainkan secara bersama-sama karena jika hanya dimainkan sendiri maka suaranya kurang enak.

Marwas pada umumnya sering digunakan untuk mengiringi lagu puji-pujian terhadap Sang Pencipta. Marwas adalah alat musik tradisional yang katanya di adaptasi dari kebudayaan bangsa timur yang datang bersamaan dengan agama Islam saat dahulu. Namun tetap saja Marwas adalah alat musik tradisional Gorontalo yang harus tetap kita lestarikan.

5. Wahulo / Rebana Wahulo

Wahulo merupakan alat musik tradisional Gorontalo yang memiliki bentuk seperti rebana, cara memainkannya pun sama yaitu dengan cara dipukul dengan satu tangan dan tangan satunya digunakan untuk memegang alat musik tersebut. Teknik-teknik yang digunakan juga sama seperti rebana yang lainnya, teknik di sesuaikan dengan lagu yang diiringi.

Yang membedakan alat musik tradisional Wahulo dengan rebana yang lainnya adalah dari pengikat kulitnya. Pengikat kulit itu menggunakan rotan yang dianyam dengan rapat. Tapi sekarang sangat susah untuk mencari pembuat atau pengrajin yang masih membuat alat musik Wahulo ini.

Baca Juga :  10 Alat Musik Tradisional Maluku (Lengkap)

Kesenian daerah dari wilayah yang menciptakan kain Karawo ini harus kita lestarikan terus menerus. Setidaknya walaupun kita tidak bisa menjaganya agar tidak punah tapi kita harus bisa membuat kesenian itu tetap diingat.

Sedihnya adalah masyarakat Indonesia biasanya akan marah ketika budaya kita diclaim oleh negara lain, tapi saat sebelum itu terjadi kita semua enggan untuk menjaganya. Nah mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan tentang alat musik tradisional Provinsi Gorontalo semoga dapat menambah wawasan kalian tentang alat musik tradisional.

Alat Musik :

One thought on “5 Alat Musik Tradisional Gorontalo (Lengkap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *