7 Alat Musik Tradisional Jambi (Lengkap)

Alat musik tradisional Jambi – Jambi merupakan sebuah daerah di Indonesia yang berada di tengah-tengah Pulau Sumatera, literatur kuno merupakan ciri khas dari daerah Jambi ini. Jambi adalah sebuah nama provinsi sekaligus nama ibukota dari provinsi tersebut.

Dalam hal perekonomian Jambi sendiri memiliki banyak potensi di bidang pemanfaatan minyak bumi, gas bumi, batu bara dan perkebunan kelapa sawit. Selain sumber daya alamnya yang memiliki potensi besar, Jambi juga memiliki budaya yang sangat indah untuk kita simak dan kita lihat.

alat musik tradisional jambi
Gambar alat musik tradisional jambi

Nah berhubungan dengan budaya kali ini aku akan membahas tentang alat musik tradisional Provinsi Jambi. Ada alat musik tradisional khas daerah Jambi yang sangat terkenal, nama alat musik itu adalah Serangko. Alat musik tradisional Jambi Serangko merupakan alat musik yang memainkannya dengan ditiup.

Baca Juga :  5 Alat Musik Tradisional Bali (Lengkap)

Alat Musik Tradisional Jambi

Perkembangan zaman mungkin memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesenian dan kebudayaan tradisional. Karena semakin besarnya perkembangan zaman makin banyak orang yang mulai lupa dan enggan mempelajari kebudayaan dan kesenian tradisional. Untuk mengurangi dampak tersebut aku akan berusaha dengan memberikan kalian wawasan tentang alat musik tradisional berikut.

1. Serangko

Alat Musik Tradisional Jambi Serangko
Gambar Alat Musik Tradisional Jambi Serangko

Selain alat musik tradisional Jambi Gambus, ada juga alat musik lain yang terkenal yaitu alat musik Serangko. Alat musik tradisional dari Jambi ini cara memainkannya adalah dengan ditiup. Serangko terbuat dari bahan tanduk kerbau yang panjang, biasanya panjang tanduk yang sering digunakan memiliki panjang sekitar 1 sampai 1,5 meter.

Baca Juga :  3 Alat Musik Tradisional Madura (Lengkap)

Pada zaman dahulu, alat musik Serangko digunakan dalam perang oleh pada komandan untuk memberikan suatu sinyal dan Serangko biasanya digunakan warga untuk memberi tahu jika akan terjadi suatu musibah yang mendekat, musibah tersebut bisa angin kencang atau ada salah satu warga yang meninggal.

2. Gangor / Cangor

Alat Musik Tradisional Jambi Gangor
Gambar Alat Musik Tradisional Jambi Gangor

Gangor adalah alat musik tradisional Jambi yang bahan untuk membuatnya adalah batang bambu yang sudah cukup tua. Bentuk dari Gangor mirip seperti tabung, fungsi alat musik ini yaitu sebagai pembawa ritmis atau idiokordofon. Gangor sering dimainkan oleh para petani ketika sedang bosan di ladang.

Jika kalian ingin melihat alat musik tradisional Gangor kalian bisa pergi ke Kabupaten Merangin, Sarolangun, Bungo dan Kerinci. Dan alat musik ini memiliki bentuk yang mirip dengan Salude yang sudah aku bahas di artikel alat musik tradisional Sulawesi Utara.

3. Sekdu

Alat Musik Tradisional Jambi Sekdu
Gambar Alat Musik Tradisional Jambi Sekdu

Sekdu adalah alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan ditiup, bahan untuk membuat Sekdu adalah sebuah bambu yang memiliki diameter sebesar 1-2 cm. Peniup yang terdapat pada Sekdu dikenal dengan nama Klep.

Baca Juga :  8 Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur (Lengkap)

Nada yang dihasilkan oleh Sekdu yaitu do, re, mi, sol, dan la, ini membuat Sekdu termasuk alat musik Selendro. Sekdu juga sering digunakan oleh orang Melayu dalam pengadaan acara adat.

4. Kelintang / Kolintang

Alat Musik Tradisional Jambi Kelintang
Gambar Alat Musik Tradisional Jambi Kelintang

Kelintang yang terbuat dari kayu adalah alat musik tradisional khas Jambi yang sampai sekarang masih mudah ditemui di Kota Jambi. Di salah satu sanggar yang ada di Jambi yang bernama Mindulahin, Kelintang sering dimainkan di sini. Dan penggelar acara itu menargetkan agar anak-anak tertarik untuk melestarikan dan memainkan alat musik ini.

Untuk memainkan alat musik tradisional ini biasanya dibarengi dengan alat musik tradisional lainnya sehingga menimbulkan irama yang saling sinergi. Dulu pada zaman Kerajaan Melayu menguasai Jambi, Kelintang sangat terkenal karena dulu para bangsawan sering memainkan alat musik ini diiringi syair lagu yang biasanya berupa nasihat.

5. Kompangan

Alat Musik Tradisional Jambi Kompangan
Gambar Alat Musik Tradisional Jambi Kompangan

Kompangan adalah sebuah pertunjukan seni musik yang didalamnya terdapat beberapa orang yang memainkan alat musik tradisional Rebana, biasanya Kompangan mengiringi lagu-lagu Islami. Dalam memainkan Rebana biasanya akan menggunakan teknik yang bersahut-sahutan.

Baca Juga :  8 Alat Musik Tradisional yang Digesek (Lengkap)

Seni musik Kompangan di Jambi berkembang sangat baik sampai-sampai hampir setiap RT memiliki grup kompangan sendiri dan biasanya dalam satu grup berisi 8-15 pemuda. Seni musik ini tidak hanya dimainkan untuk hiburan saja tetapi sering digunakan dalam upacara adat di Jambi.

6. Serdam

Alat Musik Tradisional Jambi Serdam
Gambar Alat Musik Tradisional Jambi Serdam

Serdam merupakan alat musik tradisional Jambi yang cara memainkannya dengan ditiup. Mungkin alat musik ini mirip seperti Seruling tapi Serdam sangatlah berbeda dengan Seruling karena nada yang dihasilkan alat musik ini dimulai dari nada dasar G sebagai Do dan hanya memiliki 5 lubang yang akan menghasilkan nada do, re, mi, fa, dan sol.

Suara yang dihasilkan oleh alat musik Serdam berirama sendu dan terkesan sedih, para pemain seperti sedang menghibur hati yang sedang galau. Selain itu alat musik tradisional Serdam sering digunakan sebagai pengiring solis.

Bentuk Serdam

Serdam dibuat dari bahan bambu yang memiliki bentuk bulat dan memiliki diameter 1-1,5 cm dengan panjang sekitar 25-26 cm. Lalu diameter untuk lubang peningkah selebar 4 cm dan jarak ujung buluh ke dalam lubang tadi sekitar 4 cm. Jarak untuk masing-masing lubang untuk mengatur nada diberi jarak 2 cm dan jarak lubang klep yang pertama dan kedua juga berjarak 2 cm.

7. Rebana Sike

Alat Musik Tradisional Jambi Rebana Sike
Gambar Alat Musik Tradisional Jambi Rebana Sike

Rebana Sike memiliki 3 perpaduan seni yaitu seni vokal, gerak dan musik. Karena biasanya pada saat memainkan alat musik ini pemain akan menyanyikan lagu yang mengandung puji-pujian kepada Sang Pencipta dan diselingi oleh tari-tarian yang biasa disebut koreografi.

Rebana Sike berbentuk mirip dengan sebuah Rebana dan bahan pembuatannya pun sama yaitu dari kayu dan kulit hewan. Rebana biasanya dimainkan oleh banyak orang atau grup dan biasanya berisi oleh ibu-ibu pengajian.

Rebana Sike biasanya juga dimainkan pada saat acara pentas yang memiliki unsur religi atau juga dulu pernah pada tahun 2015 alat musik ini digunakan untuk menyambut calon gubernur Jambi.

Baca Juga :  15 Alat Musik Tradisional dari Sumatera Utara (Lengkap)

Nah itu semua adalah beberapa nama alat musik tradisional Jambi yang bisa kita temui tentunya di Jambi. Dengan adanya info ini diharapkan tidak akan ada lagi sebuah kesenian daerah apalagi yang sudah menjadi maskot kota yang hilang karena perkembangan zaman. Contoh kesenian tersebut yang sudah mulai hilang adalah Tarian Rentak Besapih.

Tarian ini dulu adalah sebuah perwujudan sejarah dari kota Jambi yang dulunya adalah kota perdagangan. Namun sekarang untungnya sudah didaftarkan ke keragaman seni budaya Indonesia, sehingga bisa terjaga kelestariannya.

Semoga dengan adanya artikel ini walaupun zaman terus berkembang tapi kesenian khususnya alat musik tradisional Jambi akan tetap lestari dan terus ada di negara kita tercinta ini.

Alat Musik :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*