3 Alat Musik Tradisional Maluku Utara (Lengkap)

Alat Musik Tradisional Maluku Utara – Maluku Utara merupakan sebuah provinsi di bagian Indonesia Timur. Seperti yang sudah kita ketahui Indonesia bagian Timur adalah surganya wisata alam. Pantai-pantai yang indah, hutan yang masih asli dan asri, dan tentu tidak ketinggalan budaya yang masih sangat terjaga.

alat musik tradisional maluku utara
Gambar alat musik tradisional maluku utara

Ngomong-ngomong tentang budaya, alat musik tradisional merupakan salah satu budaya di bidang kesenian. Maluku Utara sendiri termasuk daerah yang luas dan memiliki banyak suku didalamnya, karena hal itu sebenarnya ada banyak alat musik tradisional daerah Maluku Utara yang dapat kita temukan atau kita cari, salah satu contohnya adalah alat musik tradisional maluku utara fu.

Alat Musik Tradisional Maluku Utara

Dari sekian banyak alat musik tradisional yang mungkin kita temukan di internet atau dimanapun, aku akan membahas 3 dari semua alat musik tersebut.

1. Bambu Hitada

Alat Musik Tradisional Maluku Utara Bambu Hitada
Gambar Alat Musik Tradisional Maluku Utara Bambu Hitada

Bambu Hitada merupakan salah satu alat musik tradisional dari Maluku Utara. Alat musik ini biasanya dimainkan berkelompok dengan alat musik khas Maluku Utara yang lainnya. Masyarakat Halmahera lah yang paling sering menggunakan alat musik ini.

Alat musik Bambu Hitada ini diyakini tercipta dari kebiasaan masyarakat Maluku Utara pada zaman dulu yang masih hidup berdampingan langsung dengan alam. Karena dari itu mereka menciptakan alat musik yang terbuat dari Bambu Hitada yang digunakan untuk sebagai hiburan.

Tidak hanya untuk hiburan, pada zaman dulu alat musik ini digunakan untuk berkomunikasi dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Namun saat ini sudah tidak dilakukan lagi, karena itu merupakan kebiasaan primitif masyarakat pada zaman dahulu.

Dalam memainkannya alat musik Bambu Hitada sangatlah sederhana namun unik, karena cara memainkannya adalah dengan menghentakkan bambu secara bergantian dengan yang lain. Alas tempat dihentakkannya bambu harus dilapisi dengan karung goni agar tidak merusak alas atau lantai dan agar suara yang dihasilkan stabil.

2. Cikir

Alat Musik Tradisional Maluku Utara Cikir
Gambar Alat Musik Tradisional Maluku Utara Cikir

Cikir merupakan alat musik tradisional dari Maluku Utara yang terbuat dari bahan yang sangat sederhana yaitu batok kelapa yang di isi biji-bijian. Alat musik ini mirip dengan alat musik Marakas dari Amerika Latin, tidak hanya bentuknya cara memainkannya pun sama yaitu dengan cara digoyang-goyangkan.

Cikir sering digunakan untuk mengiringi alat musik lain contohnya seperti Bambu Hitada yang sudah dibahas diatas. Biasanya para pemain Cikir pada saat memainkan alat musik ini akan diiringi dengan gerakan-gerakan seperti tarian yang akan lebih menghidupkan suasana.

3. Leko Boko / Juk / Bijol

Alat Musik Tradisional Maluku Utara Leko Boko
Gambar Alat Musik Tradisional Maluku Utara Leko Boko

Leko Boko merupakan alat musik tradisional Maluku Utara yang cara memainkannya adalah dengan dipetik pada senarnya. Lubang resonansi pada Leko Boko terbuat dari labu hutan asli dan alat musik ini biasanya hanya memiliki 4 senar saja.

Leko Boko berfungsi sebagai alat musik pengiring bagi alat musik khas Maluku Utara lainnya, sebagai contoh sama dengan Cikir alat musik Leko Boko sering digunakan untuk mengiringi alat musik Bambu Hitada. Selain itu alat musik ini juga berfungsi sebagai hiburan sendiri disaat bosan. Leko boko juga masuk ke dalam kategori Alat Musik Tradisional yang Dipetik.

Mungkin itu saja yang bisa aku bahas tentang alat musik tradisional Maluku Utara, semoga dapat menambah wawasan dan informasi kalian. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga dan melestarikan kebudayaan maupun kesenian yang ada di sekitar kalian.

Alat Musik :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*