4 Alat Musik Tradisional Papua Barat (Lengkap)

Alat Musik Tradisional Papua Barat – Papua Barat adalah Provinsi yang termasuk sebagai Indonesia bagian timur dan lokasinya terletak di bagian ujung barat dari pulau Papua. Papua merupakan surganya objek wisata di Indonesia, pantai-pantai yang eksotis salah satunya adalah Raja Ampat yang semua sudah tau keindahannya dan keasrian alamnya yang masih terjaga hingga saat ini.

alat musik tradisional papua barat
Gambar alat musik tradisional papua barat

Tidak hanya objek wisata saja yang dicari dari Papua Barat, kebudayaan yang masih sangat mengental dengan masyarakatnya juga menjadi incaran para turis untuk mengunjungi Papua. Apalagi menurut Kitab Negara Kertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca bahwa Papua Barat adalah bagian dari Kerjaan Majapahit, pasti akan banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah yang terdapat di sana.

Baca Juga :  11 Alat Musik Tradisional Papua (Lengkap)

Kekayaan alam yang disajikan dari Papua memang tidak terhitung banyaknya, baik wisata alam, hasil bumi, kebudayaan dan bahkan kesenian. Setiap daerah pasti memiliki alat musik tradisional mereka sendiri. Kali ini aku akan membahas tentang alat musik tradisional dari Papua Barat.

Alat Musik Tradisional Papua Barat

Sebenarnya ada banyak alat musik tradisional Papua Barat yang bisa kita bahas, tapi kali ini aku hanya akan membahas 4 dari sekian banyak itu.

1. Guoto

Alat Musik Tradisional Papua Barat Guoto
Gambar Alat Musik Tradisional Papua Barat Guoto

Alat musik tradisional Papua Barat Guoto adalah salah satu dari alat musik tradisional dari Papua Barat yang cara memainkannya adalah dengan dipetik pada bagian senyarnya. Seperti sudah dibahas di artikel Alat Musik Tradisional yang Dipetik, alat musik Guoto sangat jarang bisa kita lihat atau sangat susah kita temui ketika ada masyarakat yang memainkan alat musik tradisional ini, baik untuk acara adat ataupun yang lainnya.

Baca Juga :  7 Alat Musik Tradisional Minang (Lengkap)

Oleh karena itu alat musik Guoto merupakan magnet daya tarik bagi para turis atau wisatawan. Alat musik tradisional Guoto sendiri terbuat dari kayu dan senar, lalu terdapat kulit binatang lembu juga.

2. Yi

Alat Musik Tradisional Papua Barat Yi
Gambar Alat Musik Tradisional Papua Barat Yi

Yi merupakan alat musik tradisional Papua Barat yang terbuat dari kayu dan juga bambu, Yi memiliki bagian dalam yang berongga dan berfungsi sebagai lubang resonansi. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul-pukul, mungkin alat musik ini mirip dengan kentongan yang sudah kenal.

Baca Juga :  4 Alat Musik Tradisional Nias (Lengkap)

Yi dulu sering digunakan untuk memanggil penduduk jika terjadi sesuatu atau ketika ingin menyampaikan sesuatu. Dan sekarang Yi sudah mulai beralih fungsi menjadi alat musik pengiring seni tari-tarian ketika ada sebuah acara di daerah tersebut.

3. Triton

Alat Musik Tradisional Papua Barat Triton
Gambar Alat Musik Tradisional Papua Barat Triton

Nama dari alat musik tradisional Papua Barat ini merupakan nama dari suatu teluk yang kata orang memiliki keindahan setara bahkan lebih dari Raja Ampat. Triton sendiri terbuat dari kerang terompet, dan cara memainkannya adalah dengan cara meniupkannya.

Fungsi dari Triton sebenarnya sama dengan alat musik Yi, karena pada awalnya alat musik ini digunakan untuk memanggil penduduk setempat. Dan kini seiring waktu mulai beralih fungsi sebagai alat musik yang sering digunakan untuk hiburan dan juga pelengkap musik tradisional daerah-daerah pantai seperti di Biak, Yapen, Waropen, Raja Ampat, Nabire, dan Wondama.

4. Krombi

Alat Musik Tradisional Papua Barat Krombi
Gambar Alat Musik Tradisional Papua Barat Krombi

Krombi adalah alat musik tradisional dari Papua Barat yang terbuat dari bambu dan senar tradisional. Alat musik ini sering digunakan masyarakat untuk mengiringi acara adat atau pesta adat bakar batu. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipetik di bagian senarnya.

Baca Juga :  6 Alat Musik Tradisional Bengkulu (Lengkap)

Sepertinya ini adalah akhir dari artikel alat musik tradisional Papua Barat, semoga artikel yang aku buat ini dapat menambah wawasan kalian dan menambah ilmu kalian tentang alat musik tradisional yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dan janganlah lupa untuk selalu melestarikan budaya dan seni di sekitar kalian serta ingatkan orang yang kalian kenal untuk ikut melestarikan budaya dan seni di Indonesia.

Alat Musik :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *