5 Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat (Lengkap)

Alat musik tradisional Sulawesi Barat – Sulawesi Barat terkenal dengan daerah yang memiliki objek wisata yang luar biasa indah dan mampu mengundang wisatawan lokal maupun Internasional untuk selalu mengunjungi daerah tersebut. Tidak hanya itu Sulawesi Barat juga terkenal akan hasil alamnya yang berlimpah seperti kakao dan juga banyak sumber daya mineral yang dihasilkan seperti emas, batu bara dan minyak bumi. Saat ini bahkan masyarakat sudah mulai menanam cengkeh untuk menambah sumber daya alam yang dihasilkan.

alat musik tradisional sumatera barat
Gambar alat musik tradisional sumatera barat

Pada zaman dulu pada saat masa penjajahan wilayah Sulawesi Barat terpecah menjadi 7 pemerintahan yang disebut sebagai Afdeling Mandar. Walaupun para penjajah datang namun mereka tidak mampu menghilangkan jati diri penduduk tersebut dan bahkan sampai sekarang jati diri tersebut masih terus terjaga, tak hanya itu kesenian dan tradisi juga masih terus terjaga sampai saat ini. Walaupun ada beberapa alat musik tradisional yang sudah punah dan tidak terdengar lagi.

Baca Juga :  10 Alat Musik Tradisional Maluku (Lengkap)

Objek wisata Sulawesi Barat memang sangat memikat tapi tidak hanya itu saja, alat musik tradisional dari Sulawesi Barat juga punya daya tariknya sendiri untuk memikat wisatawan untuk melihat dan lebih mengenalinya lagi. Karena dari itu mari kita kenali apa saja si nama alat musik tradisional Sulawesi Barat, semua akan aku jelaskan di bawah ini.

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat

Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang mengenali alat musik tradisional provinsi Sulawesi Barat atau mungkin ada yang sama sekali belum tahu. Karena itu kali ini aku akan memberikan informasi ini agar kalian bisa ingat dan mengetahui tentang hal tersebut.

Baca Juga :  5 Alat Musik Tradisional Gorontalo (Lengkap)

1. Kecapi Mandar

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Kecapi Mandar
Gambar Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Kecapi Mandar

Kecapi Mandar atau yang biasa disebut oleh masyarakat Sulawesi Barat sebagai Kecaping Tobaine adalah alat musik khas Sulawesi Barat yang dimainkan oleh perempuan dan hanya bisa ditemui di daerah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kecapi Mandar akan sangat jarang kita temui permainannya karena tidak semua orang bisa memainkannya. Cara memainkan alat musik ini juga hanya diajarkan secara turun temurun berdasarkan keturunannya.

Alat musik ini sering digunakan untuk mengisi acara tertentu atau mengiringi lagu daerah, namun biasanya si pemain akan dibayar karena memainkan alat musik tradisional ini tidak mudah dan memerlukan tenaga yang lumayan. Dulu alat musik ini hanya digunakan sebagai penghibur saja agar tidak bosan tapi sekarang banyak orang yang menggunakan alat musik ini untuk mengisi acara agar lebih ramai.

Baca Juga :  8 Alat Musik Tradisional Kalimantan Barat (Lengkap)

Bentuk kecapi yang biasa akan berbeda dengan bentuk kecapi yang digunakan perempuan, bentuk dari kecapi yang dikhususkan untuk perempuan akan berbentuk lebih melengkung. Cara duduk pemain Kecapi Mandar biasanya duduk dengan kaki kiri diangkat dan mendekatkan kecapi ke dada. Alat musik ini bisa terbilang sudah atau hampir punah karena kurangnya minat orang-orang terutama pemuda untuk mempelajari alat musik tradisional Sulawesi Barat ini.

2. Pakkeke

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Pakkeke
Gambar Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Pakkeke

Pakkeke merupakan alat musik tradisional dari Sulawesi Barat yang cara memainkannya adalah dengan ditiup. Pakkeke atau yang biasa disebut oleh masyarakat Mandar dengan sebutan Keke ini sangat terkenal karena keunikannya yaitu memiliki bentuk yang kecil dan suara yang dihasilkan juga berbeda dari alat musik lainnya. Karena itulah alat musik Keke sangat menarik perhatian banyak orang.

Alat musik tradisional Pakkeke ini terbuat dari bahan bambu yang berukuran kecil dan di bagian ujung bambu dililitkan daun kelapa yang sudah dikeringkan, fungsi daun kelapa ini sebagai pembuat efek ketika alat musik dimainkan. Pakkeke paling sering dimainkan oleh petani untuk mengisi waktu luang ketika sedang menjaga sawah atau ladang, suara unik yang dihasilkan alat musik ini bisa menghilangkan rasa sepi dan bosan.

Namun sekarang karena perkembangan zaman, alat musik unik ini sudah mulai digunakan untuk mengisi permainan seni yang digabungkan dengan alat musik tradisional lainnya.

3. Calong

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Calong
Gambar Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Calong

Dalam kegiatan sehari-hari mungkin ada satu atau mungkin beberapa orang yang ingin berinovasi menciptakan suatu hal yang baru, nah alat musik tradisional Calong ini lah inovasi yang dihasilkan masyarakat di sela-sela kegiatan penduduk Polewali Mandar. Calong adalah salah satu jenis alat musik tradisional yang termasuk alat musik perkusi.

Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik tradisional Calong adalah dengan menggunakan buah kelapa dan bambu yang sudah dipilah-pilah kualitasnya. Calong sering dimainkan dengan cara solo atau sendirian, namun seperti halnya alat musik lainnya semakin berkembangnya zaman alat musik ini sudah sering dimainkan secara bersama-sama.

Baca Juga :  5 Alat Musik Tradisional Bali (Lengkap)

Kalau kalian ingin melihat permainan alat musik Calong yang dimainkan secara bersama-sama mungkin kalian harus melihat rekaman tentang “Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat Pertama” yang diadakan pada tahun 2007.

4. Gongga Lima / Gongga Lawe

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Gongga Lima
Gambar Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Gongga Lima

Alat musik Gongga Lima terdiri dari 2 suku kata Gongga dan Lima yang masing-masing artinya dari bahasa daerah setempat adalah Gongga yang berarti “alat itu sendiri” dan Lima yang berarti tangan. Dalam artian ini adalah alat musik Gongga Lima memiliki keterhubungan antara alat musik tradisional itu sendiri dengan tangan si pemain saling berkesinambungan.

Gongga Lima dapat dikategorikan sebagai alat musik idiophone atau alat musik yang sumber suaranya dari alat musik itu sendiri misalnya getaran. Gongga Lima yang dimiliki oleh daerah Balanipa memiliki bentuk yan gmirip dengan alat musik Parappasa dari Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  73 Alat Musik Tradisional yang Dipukul (Lengkap)

Alat musik tradisional Sulawesi Barat ini akan sering kita jumpai di pedesaan terutama di daerah yang kebanyakan warganya bekerja sebagai petani. Karena alat musik ini sering dimainkan oleh para petain dan dahulu alat musik juga sering digunakan untuk kontes perlombaan yang memiliki tujuan untuk hiburan.

5. Talindo / Tolindo

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Talindo
Gambar Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Talindo

Alat musik tradisional Sulawesi Barat Talindo ini terbuat dari bahan dasar berupa kayu, tempurung kelapa dan senar. Cara memainkan alat musik Talindo ini adalah dengan cara dipetik di bagian senarnya, lalu fungsi dari tempurung kelapa adalah sebagai lubang resonansi.

Alat musik tradisional ini sangat populer di masyarakat karena akan selalu hadir atau muncul saat musim panen tiba. Tidak hanya di Sulawesi Barat saja, Talindo juga ada di Sulawesi Tengah namun memiliki nama yang berbeda yaitu Popondi, untuk lebih detailnya bisa dibaca di artikel alat musik tradisional Sulawesi Tengah.

Dan dalam kesempatan kali aku tidak lupa untuk selalu mengingatkan bahwa kita harus selalu menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang kita termasuk kesenian dan budaya yang mereka tinggal agar warisan itu selalu ada dan tetap menjadi ciri khas Indonesia.

Baca Juga :  3 Alat Musik Tradisional Maluku Utara (Lengkap)

Tidak terkecuali untuk alat musik tradisional kita tetap harus menjaganya walaupun alat musik tradisional Sulawesi Barat gendang mungkin tidak kita ketahui tapi kita wajib mencari tahu dan melestarikannya.

Mungkin cukup ini saja yang bisa aku sampaikan tentang alat musik tradisional Sulawesi Barat, semoga bisa menambah wawasan kalian tentang alat musik tradisional.

 

Alat Musik :