36 Cara Memainkan Alat Musik (Terlengkap)

Cara memainkan alat musikalat musik merupakan suatu elemen yang mungkin tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia. Karena hampir pada setiap aspek masyarakat akan menggunakan alat musik baik tradisional maupun modern untuk kegiatan sehari-hari entah sebagai hiburan atau bahkan sebagai mata pencaharian.

cara memainkan alat musik
Gambar cara memainkan alat musik

Daftar Isi

Cara Memainkan Alat Musik

Oleh karena itu mungkin akan sangat menarik jika aku menjelaskan tentang cara memainkan alat musik baik alat musik modern maupun tradisional. Mari kita simak penjelasan tentang cara-cara memainkan berbagai macam alat musik baik modern ataupun tradisional di bawah ini.

1. Cara Memainkan Alat Musik Gamelan

Cara Memainkan Alat Musik Gamelan
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Gamelan

Gamelan sebenarnya adalah suatu kesenian musik yang sangat populer dan berasal dari Bali dan Jawa. Kesenian musik ini berisi banyak alat musik yang dimainkan secara bersamaan dengan mengikuti suatu ritme dan tempo lagu yang dimainkan. Pada artikel kali ini aku akan membahas beberapa cara memainkan alat musik gamelan seperti Rebab, Siter, Gendang atau Kendang, Saron, Suling, dan Gong.

2. Cara Memainkan Alat Musik Rebab

Cara Memainkan Alat Musik Rebab
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Rebab

Cara memainkan alat musik Rebab adalah dengan cara digesek menggunakan alat gesek di bagian senarnya. Lalu ada juga alat musik lainnya yang memiliki bentuk yang mirip dengan Rebab yaitu Ohyan, bedanya Ohyan menggunakan tempurung kelapa sebagai lubang resonansinya. Ohyan dapat kita temui di daerah-daerah Bali, Jawa dan juga Kalimantan Selatan.

3. Cara Memainkan Alat Musik Siter

Cara Memainkan Alat Musik Siter
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Siter

Siter dan Celempung memiliki senar yaitu untuk Siter ada 11 senar dan untuk Celempung ada 13 senar, senar tersebut dikaitkan ke kedua sisi yang tengahnya terdapat kotak resonansi. Ciri khas dari alat musik ini yaitu salah satu senar bernada pelog dan senar lainnya bernada slendro.

Siter sendiri adalah alat musik yang memiliki panjang badan yaitu 30 cm dan biasanya diletakkan ke dalam kotak pada saat memainkan. Lain halnya dengan Celempung, badan alat musik ini memiliki panjang 90 cm dan memiliki penyangga dibawahnya sebanyak 4 buah kaki.

Siter dan Celempung adalah alat musik yang cara memainkannya adalah dengan dipetik dan biasanya dimainkan secara bersamaan dan saling berdampingan, alat musik ini bermain dalam suatu pola melodik berdasarkan balungan. Siter dan Celempung ini juga dimainkan dengan tempo kecepatan yang sama yaitu tempo yang cepat.

4. Cara Memainkan Alat Musik Saron

Cara Memainkan Alat Musik Saron
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Saron

Saron atau yang kadang disebut sebagai Ricik ini adalah alat musik tradisional yang termasuk dalam kesenian Gamelan dan termasuk dalam keluarga balungan. Biasanya dalam satu Gamelan terdapat 4 macam Saron yang dibedakan berdasarkan nadanya yaitu pelog dan slendro.

Cara memainkan alat musik Saron adalah dengan dipukul dengan menggunakan alat pukul yang terbuat dari kayu dan berbentuk seperti palu. Teknik pemukulannya biasanya harus sesuai dengan nada yang imbal atau bergantian antara satu dengan yang lain.

Pada saat memainkan Saron, biasanya tangan kanan digunakan untuk memukul lembaran logam pada Saron atau yang diberi nama wilahan dengan alat pukulnya, lalu tangan kiri digunakan untuk meredam dengungan hasil pukulan sebelumnya dengan cara memegang atau menekan wilahan setelah dipukul. Nama teknik ini sering disebut dengan memathet atau pathet.

5. Cara Memainkan Alat Musik Gendang atau Kendang

Cara Memainkan Alat Musik Gendang
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Kendang

Ada cara memainkan alat musik Gendang yang aku akan bahas dibawah ini, berikut adalah caranya :

  1. Hal Pertama yang harus dilakukan untuk bisa memainkan alat musik Gendang yaitu meletakkan tangan kiri di bagian yang besar pada gendang, lalu tangan kanan di bagian kecil pada gendang. Pastikan posisi kalian nyaman dan tidak tegang, semakin nyaman dan santai akan semakin enak dalam memainkan Gendang.
  2. Untuk tangan yang bagian kanan, pukul menggunakan jari telunjuk dan manis pada bagian badan Gendang tersebut. Lalu ketuklah sesuai dengan irama lagu yang dimainkan, agar bisa mengikuti ketukan dari irama tersebut kalian harus mendengarkan dengan seksama dulu lalu ingat baik-baik ketukannya setelah itu cobalah atau terapkan ketukan tersebut.
  3. Untuk tangan yang bagian kiri, teknik pemukul pada tangan kiri agak sedikit berbeda karena disini kita menggunakan ujung jari telunjuk, ujung jari manis dan telapak tangan bagian bawah untuk memainkannya.

Seluruh tatacara diatas merupakan cara memainkan alat musik Kendang yang paling benar dan cara diatas bisa kalian coba dan lakukan sendiri asalkan kalian memiliki Gendangnya. Pada daerah Jawa mungkin banyak sekali orang yang mempunyai Gendang di rumahnya, hal ini bisa jadi karena Gendang sudah dipakai dan dimainkan sejak zaman kerjaan.

6. Cara Memainkan Alat Musik Suling dan Recorder

Cara Memainkan Alat Musik Suling
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Suling

Suling atau Recorder adalah suatu alat musik yang paling populer di Indonesia, karena hampir tiap daerah memiliki alat musik yang bernama Suling ini. Sebenarnya Suling dan Recorder itu sama bahkan cara memainkan alat musik Recorder dan cara memainkan alat musik Suling itu sama, yang membedakan hanyalah Recorder termasuk dalam alat musik modern dan Suling merupakan alat musik tradisional.

Seperti yang sudah dibahas diatas, alat musik Suling dimainkan dengan cara ditiup, alat musik ini cukup terkenal pada abad ke-14. Langkah-langkah untuk bermain Suling :

  1. Melakukan perisapan

    Bagi para pemula kalian jangan langsung menggunakan Suling yang terbuat dari bambu, gunakanlah Suling yang terbuat dari plastik dulu.

  2. Merakit Suling

    Suling terutama yang plastik pada umumnya terbagi menjadi 3 bagian yaitu yang paling atas untuk meniup, yang tengah dan berlubang-lubang untuk mengatur nada dan paling bawah yang berguna untuk keluarnya udara dan suara. Jika masih terpisah gabungkan semua bagian tersebut secara perlahan.

  3. Memainkan nada pertama

    Untuk pertama kali biasanya nada yang sering digunakan adalah nada dengan kunci B. Pertama-tama tutup lubang yang ada di bagian belakang dengan ibu jari pad atangan kiri. Lalu tutup lubang pertama yang paling dekat dengan bagian untuk meniup menggunakan telunjuk dari tangan kiri, terakhir coba tiup perlahan.

  4. Pahamilah panduan untuk menempatkan jari-jari kalian

    Untuk memudahkan kalian dalam berlatih ada panduan yang bisa kalian gunakan. Kita akan mengumpamakan jari-jari menjadi angka, contohnya angka 0 untuk ibu jari tangan kiri, 1 untuk jari telunjuk tangan kiri dan 2 untuk jari tengah tangan kiri. Contoh penerapannya adalah kita gunakan kunci B seperti di atas, jari yang digunakan di sini adalah ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri berarti penulisannya akan seperti 01—–. Jika tertera angka maka jari itulah yang digunakan untuk menutup sesuai letak lubang yang berada di bawah jari kita.

  5. Pelajari nada-nada yang menggunakan tangan kiri

    Nada pertama yang harus kalian pelajari dengan menggunakan tangan kiri adalah kunci B, A dan G, lalu ada kunci C’ dan D’. Ada tanda apostrof ( ‘ ), ini berguna untuk menandakan bahwa nada itu tinggi. Untuk kunci A jari yang digunakan 012—- dan untuk kunci G adalah 0123—.

  6. Cobalah berlatih memainkan lagu yang lebih sederhana.

    Setelah kalian paham nada-nada dasar pada Suling, kalian harus mencoba untuk memainkan lagu-lagu yang mudah seperti lagu Mary Had a Littel Lamb yang kuncinya B, A, G, A, B, B, A, A, A, B, D, D, B, A, G, A, B, B, B, A, A, B, A, G.

  7. Berlatihlah untuk memainkan nada-nada yang tinggi.

    Untuk memainkan nada yang lebih tinggi ada teknik yang digunakan yaitu menutup lubang pada bagian ibu jari dengan 2/3 sampai 3/4 bagian lubang dan tiup dengan sedikit lebih kencang.

7. Cara Memainkan Alat Musik Gong

Cara Memainkan Alat Musik Gong
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Gong

Gong merupakan alat musik yang termasuk dalam bagian pada keseniang Gamelan. Gong adalah alat musik yang harus dimainkan secara hati-hati karena suara yang dihasilkan sangatlah keras, sehingga jika ada kesalahan maka akan sangat terdengar. Lalu untuk cara memainkan alat musik Gong adalah dengan dipukul menggunakan alat pukul pada bagian yang menonjol.

8. Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Cara Memainkan Alat Musik Bonang
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Dalam cara memainkan alat musik Bonang mungkin bisa dibilang sama seperti cara memainkan alat musik Gong, cara memainkannya yaitu dengan dipukul pada dibagian yang terlihat menonjol. Sebenarnya bentuk Bonang juga mirip seperti Gong tapi bentuknya lebih kecil dan disusun secara vertikal.

Bagian-bagian alat musik Bonang yang harus kalian ketahui yaitu :

  • Soko, bagian ini berguna untuk menyangga waditra.
  • Benang tali, bagian ini memiliki fungsi untuk menyangga penclon.
  • Papalayu, nama dari bagian belakang dan depan waditra.
  • Pongpok, ujung pangkal dari ancak.
  • Palipid, bilah kayu yang diletakan di atas pongpok dan menjadi sekat antara penclon.

Untuk memainkan alat musik Bonang para pemain biasanya menggunakan alat pemukul yang bahan pembuatnya adalah kayu dan pada bagian ujung kayu tersebut dililitkan kain yang dibentuk bulat, lalu untuk mengencangkan lilitan tersebut digunakan tali untuk mengikatnya.

Alat pemukul tersebut ada 2 sehingga kita harus memainkan Bonang menggunakan dua tangan, teknik yang digunakan tergantung dari musiknya bisa bergantian memukulnya atau berbarengan. Bagian yang dipukul haruslah bagian yang menonjol pada penclon Bonang.

9. Cara Memainkan Alat Musik Ritmis

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah suatu alat musik yang tidak menghasilkan nada, alat musik ini digunakan biasanya untuk menjadi pembawa ritme atau pengatur tempo pada suatu permainan musik. Sebenarnya untuk cara memainkan alat musik Ritmis sendiri bermacam-macam tergantung dari alat musiknya.

Untuk cara memainkan alat musik ritmis dan alat musik itu sendiri sebenarnya ada banyak macamnya tapi aku hanya akan membahas beberapa saja, yaitu cara memainkan alat musik Triangle, Marakas Kastanyet dan Tamborin

10. Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Cara Memainkan Alat Musik Triangle
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Triangle

Triangle merupakan salah satu alat musik ritmis, cara memainkan alat musik Triangle ini sebenarnya bermacam-macam dan tergantung dari bentuk atau aliran musik apa yang dimainkan, contohnya aliran musik rock, pop, atau untuk samba dan sebagainya.

Sebagai catatan saja dalam memainkan alat musik Triangle itu ada satu hal yang tidak boleh dilakukan, yaitu kita dilarang menyentuh alat musik ketika sedang berbunyi. Hal ini akan menyebabkan berhentinya getaran dan hilangnya suara yang dihasilkan dari getaran alat musik itu sendiri.

Sebenarnya Triangle dimainkan dengan cara memukul pada bagian luarnya saja. Namun karena kebutuhan ketika harus memainkan tempo yang cepat dan akan sangat susah jika dipukul pada bagian luarnya, sekarang Triangle dipukul pada bagian dalamnya agar lebih mudah dalam memainkan tempo yang cepat dan dapat menghasilkan suara yang lebih keras.

Oleh masyarakat Cajun French, masyarakat ini merupakan orang-orang yang tinggal di Negara bagian Louisianan, Amerika Serikta kebanyakan orangnya berbahasa Prancis. Di sini alat musik Triangle memiliki nama tit – fer, pada wilayah ini juga alat musik ini dimainkan dengan ketuk-ketukan yang keras sehingga alat musik ini berguna sebagai pengganti drum.

11. Cara Memainkan Alat Musik Marakas

Cara Memainkan Alat Musik Marakas
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Marakas

Marakas merupakan alat musik yang bentuknya mirip seperti pin bowling yang di dalamnya diberi semacam butir-butiran kecil yang mirip dengan biji-bijian ataupun beras. Nah karena itu maka cara memainkan alat musik Marakas adalah dengan cara digoyang-goyangkan dan akan menghasilkan suara gemrisik.

12. Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

Kastanyet merupakan bagian dari alat musik ritmis lainnya yang biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah tarian dan berguna sebagai pembawa tempo. Cara memainkan alat musik Kastanyet sendiri sebenarnya mudah yaitu dengan cara meletakkannya di tangan kiri lalu ditepuk menggunakan tangan kanan.

13. Cara Memainkan Alat Musik Tamborin

Cara Memainkan Alat Musik Tamborin
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Tamborin

Tamborin merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dipukul pada bagian membrannya. Alat musik ini berbentuk mirip seperti Rebana namun ada tambahan simbal kecil yang berada di sekeliling bagian sampingnya.

Ada 2 cara memainkan alat musik Tamborin, adapun cara tersebut yaitu :

  1. Pegang Tamborin dengan tangan kanan dan goyangkan ke kanan lalu ke kiri sambil di pukul menggunakan tangan satunya.
  2. Pegang Tamborin dengan tangan kiri dan goyangkan ke kiri lalu ke kanan sambil di pukul menggunakan tangan satunya.

Membran pada alat musik Tamborin terbuat dari kulit sapi yang sudah diolah atau terbuat dari plastik, ada juga Tamborin yang memiliki bentuk setengah lingkaran saja. Dan pada saat kita menabuh Tamborin maka akan terdengar suara gemerincing dari simbal yang ada di sekeliling samping Tamborin.

Ada juga cara memainkan alat musik Tamborin yang lain yaitu dengan memegang Tamborin menggunakan satu tangan secara vertikal lalu digoyangkan sambil memukul membran pada Tamborin.

14. Cara Memainkan Alat Musik Talempong

Cara Memainkan Alat Musik Talempong
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Talempong

Cara memainkan alat musik Talempong ini adalah dengan memukulnya menggunakan sebuah alat pukul yang terbuat dari kayu atau bisa juga disebut stik. Dalam memainkannya ada beberapa teknik yaitu :

  • Teknik tradisional (interlocking) pemain Talempong dengan teknik ini biasanya ada 3 orang, setiap pemain akan memainkan 2 Talempong. Talempong ini akan dipegang menggunakan tangan kiri secara vertikal (bertumpukan atas dan bawah). Talempong yang atas akan dipegang menggunakan ibu jari dan telunjuk, lalu yang bawah digantung menggunakan jari tengah.
  • Teknik modern, pada teknik modern Talempong akan diletakan pada suatu racakan dan Talempong akan dipukul di atas sebuah rancakan.

Alat musik tradisional ini sering dimainkan sebagai pelengkap atau pengiring pada upacara data Minangkabau, upacara adat tersebut yaitu :

  1. Upacara pengangkatan penghulu
  2. Upacara perkawinan
  3. Menaiki rumah baru

Selain itu Talempong juga sering digunakan untuk mengiringi tarian dan acara penyambutan seperti :

  1. Tari piring yang khas
  2. Tari Pasambahan
  3. Tari Galombang
  4. Menyambut tamu istimewa

15. Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Cara Memainkan Alat Musik Tifa
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Seperti yang sudah aku bahas di atas bahwa cara memainkan alat musik Tifa adalah dengan cara dipukul sama halnya dengan bermain alat musik Gendang.

Tifa ini dibuat menggunakan bahan dasar kayu yang pada bagian tengahnya dilubangi dan pada salah satu ujungnya di tutup dengan kulit hewan, yang biasanya menggunakan kulit hewan rusa yang sudah dikeringkan. Kulit rusa ini diyakini bisa menghasilkan suara yang bagus dan indah.

Lalu pada bagian luar badan Tifa biasanya diberi ukiran-ukiran yang berfungsi untuk membuat Tifa lebih indah, Tifa yang berada di Papua dan Maluku biasanya memiliki ukiran khasnya masing-masing.

Alat musik tradisional Tifa ini sering digunakan untuk mengiringi tari-tarian tradisional, contohnya tarian tradisional dari suku Asmat dan tari Gatsi ada juga tari Lenso dari daerah Maluku.

16. Cara Memainkan Alat Musik Gitar

Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Gitar
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Gitar

Cara memainkan alat musik Gitar yang utama adalah kita harus mengenali dulu Gitar tersebut apakah Gitar tersebut termasuk Gitar Klasik, Akustik atau Elektrik. Lalu kenali bagian-bagian pada gitar, mana yang body, mana leher, mana fret dan mana senarnya.

  1. Pegang Gitar

    Pertama peganglah Gitar dulu secara baik dan benar, sesuaikan apakah kalian kidal atau tidak, jika kidal urutan senar harus dibalik dan cara memegang gitarnya pun berbeda.

    Lalu cobalah untuk memetik Gitar, jika kalian bukan kidal maka petiklah senar menggunakan tangan kanan. Setelah itu cobalah untuk menekan-nekan senar pada fret menggunakan tangan kiri.

  1. Stem Gitar

    Stem Gitar atau menyetel Gitar adalah cara agar suara yang dihasilkan Gitar tidak fals atau tidak sumbang lagi, bisa juga digunakan untuk mengatur nada dasar. Untuk para pemula mungkin akan susah untuk melakukan stem gitar tanpa bantuan alat, kalian bisa gunakan alat yang biasa dijual di toko musik atau aplikasi dari smartphone kalian.

  1. Terus Berlatih

    Teruslah berlatih terutama untuk menekan senar pada fret, cobalah semua fret dengan menekan satu-satu dan petiklah senar yang ditekan tersebut. Ulangi terus menerus hingga kalian mulai nyaman baik dalam menekan atau berpindah-pindah dari fret satu ke fret lainnya.

  1. Penempatan Jari

    Pada penekanan senar di fret kalian harus memperhatikan penempatan jari tersebut, tekanlah pada bagian tengah-tengah fret yang letaknya di tengah dua pembatas logam antar fret. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya suara berdengung, selain itu selalu tekan senar sekuat tenaga.

17. Cara Memainkan Alat Musik Ketipung

Cara Memainkan Alat Musik Ketipung
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Ketipung

Untuk memainkan alat musik Ketipung kita tidak boleh asal-asalan, dalam memainkannya ada beberapa teknik yang mudah dipelajari terutama bagi orang awam.

  • Memukul Ketipung hanya menggunakan 1 jari saja pada permainan Menggulung.
  • Untuk menghasilkan bunyi pung bisa didapatkan dengan cara memukul ke bagian agak tengah menggunakan ujung jari lalu tangan satunya dilepas.
  • Jika memukul menggunakan ujung jari ke bagian agak pinggir maka akan menghasilkan suara tak.
  • Pada saat pemain menggunakan seluruh telapak tangan untuk memukul dan tangan yang lain dirapatkan maka itu disebut Naik.
  • Pada saat permainan Menggulung maka pemain akan bernyanyi dan pada akhir sajak pantun akan ada kenaikan sebanyak setengah untuk pukulannya.

Perkembangan alat musik ini di masyarakat hampir setara dengan Gambus karena pada dasarnya alat musik ini saring berdampingan. Antara Ketipung dan Kendang bisa dibilang mirip karena dari bentuk dan cara pemakaiannya hampir-hampir mirip.

18. Cara Memainkan Alat Musik Saluang Minang

Cara Memainkan Alat Musik Saluang Minang
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Saluang Minang

Ada yang menarik dengan teknik untuk memainkan Saluang ini, yaitu jika pemain yang sudah mahir dia akan memainkan Saluang tanpa mengambil nafas terlebih dahulu. Oleh karena itu mahir tidaknya pemain bisa dilihat dari pengaturan nafasnya.

Teknik cara memainkan alat musik Saluang pada tiap daerah di Minangkabau ternyata berbeda-beda namun pada umumnya alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Saluang merupakan alat musik yang lumayan sulit dimainkan oleh pemula, terutama pada permainan “nada Singgalang” yang dimainkan pada intro lagu.

19. Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Cara Memainkan Alat Musik Sampe
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Cara memainkan alat musik Sampe adalah dipetik, Sampe ini merupakan alat musik yang paling sering digunakan oleh orang di pedalaman Kalimantan Timur atau lebih tepatnya untuk suku Dayak.

Dari zaman-zaman yang sudah mereka lewati, terwujudlah beberapa kebudayaan yang muncul dari masyarakat tersebut salah satunya adalah alat musik tradisional. Salah satu perwujudan kebudayaan tersebut adalah alat musik tradisional Sampe yang cara memainkannya adalah di petik.

20. Cara Memainkan Alat Musik Rebana

Cara Memainkan Alat Musik Rebana
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Rebana

Rebana sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali jenis ukurannya ada yang memiliki ukuran biasa, ada yang besar dan memiliki nama Rebana Ubi, Rebana Ubi ini biasanya hanya dimainkan saat ada perayaan hari raya saja, fungsinya adalah untuk meramaikan perayaan tersebut.

Cara memainkan alat musik Rebana adalah dengan cara dipukul atau ditepuk menggunakan tangan pada bagian membrannya, bisa juga pada bagian atas membran, bawah ataupun tengah tergantung nada yang dibutuhkan. Alat musik ini memang kental dengan nuansa Islam sehingga sering sekali dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu Islami.

21. Cara Memainkan Alat Musik Angklung

Cara Memainkan Alat Musik Angklung
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Angklung

Pada umumnya untuk memainkan Angklung kita harus memegangnya dan digoyangkan untuk menghasilkan suara. Namun cara memegang dan memainkan alat musik ini tidak boleh sembarangan, harus menggunakan teknik-teknik khusus yang akan aku bahas dibawah ini, karena jika kita salah dalam cara memegangnya itu bisa menghasilkan suara atau kalian tidak bisa memainkan alat musik ini dengan baik.

Adapun teknik-teknik dalam memainkan alat musik angklung yang baik dan benar, berikut adalah cara memainkan alat musik Angklung :

  • Teknik Getaran Panjang merupakan salah satu teknik memainkan Angklung yang cara memainkannya adalah dengan menggetarkan Angklung dengan irama yang panjang dan sesuai dengan nada dari lagu yang dimainkan. Sehingga nantinya akan menghasilkan urutan nada yang terus bersambung tanpa henti.
  • Teknik Staccato yaitu teknik memainkan Angklung dengan tidak menggetarkan Angklung seperti biasa melainkan dengan cara diketuk / diketok. Fungsi dari teknik ini yaitu untuk menghasilkan nada dengan irama yang pendek, cara memainkannya adalah dengan memiringkan sedikit Angklung-nya lalu pada bagian tabung kecil yang berada di bawah diketok menggunakan tangan kanan kalian.
  • Teknik Tengkep merupakan teknik memainkan Angklung dengan cara menahan dan juga menutup tabung kecil yang ada pada Angklung agar tidak ikut berbunyi. Teknik ini berfungsi untuk menghasilkan nada atau suara yang halus.

22. Cara Memainkan Alat Musik Kecapi

Cara Memainkan Alat Musik Kecapi
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Kecapi

Kecapi merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, adapun teknik petikan yang harus digunakan agar bisa menghasilkan nada atau suara yang indah. Teknik-teknik tersebut juga tergantung dari banyaknya jari yang digunakan.

Adapun cara-cara memainkan alat musik Kecapi yaitu :

  • Sintreuk-toel
    Sintreuk-toel merupakan suatu teknik dalam memainkan Kecapi menggunakan hanya dua jari saja, yaitu jari telunjuk pada tangan kanan dan kiri. Jari telunjuk dari tangan kanan diletakan dengan posisi melipat ke dalam dan ujung kukunya disentuhkan ke senarnya dengan gerakan “menjentik”.

    Telunjuk dari tangan kiri diposisikan melengkung ke bawah dan ujung kukunya disentuhkan ke senar dengan gerakan “noel” (menyentuh dengan sedikit bagian pada ujung jari). Hal ini dilakukan supaya gerakan dari kedua jari dapat menghasilkan nada yang kita inginkan. Gerakan ini bermacam-macam, ada yang selaras dengan nada oktaf atau akor, ada juga yang saling bersahutan antara kedua telunjuk.

    Masing-masing jari tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri tergantung dari kebutuhan, contohnya jari telunjuk tangan kanan bisa berfungsi sebagai penyaji melodi dan jari telunjuk tangan kiri digunakan sebagai penyaji bass.

  • Teknik Dijambret
    Teknik yang selanjutnya yaitu Teknik Dijambret, teknik ini mengutamakan jari-jari pada tangan kanan untuk memetik kecapi dan menciptakan tiga nada bersamaan, jari yang digunakan yaitu ibu jari, telunjuk, dan juga jari tengah. Lalu untuk jari-jari yang digunakan oleh tangan kiri yaitu ibu jari dan telunjuk saja.

    Masing-masing jari memiliki fungsi yang berbeda yaitu jari-jari pada tangan kanan digunakan sebagai penyaji iringan lalu jari-jari pada tangan kiri berfungsi sebagai penyaji bass. Teknik Dijambret ini akan sering digunakan dalam suatu lagu-lagu mars atau memiliki tempo cepat.

23. Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Cara Memainkan Alat Musik Kolintang
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Kolintang pada dasarnya adalah suatu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul, tapi dalam memukulnya ada berbagai teknik yang dibedakan berdasarkan kebutuhannya. Di bawah ini adalah teknik-teknik bermain Kolintang sesuai dengan kebutuhannya :

  1. Melodi
    Pada Melodi, Kolintang dimainkan menggunakan 2 buah alat pemukul. Dan karena nada yang dihasilkan alat musik ini tidak panjang, maka pemain harus memukul dengan nada yang panjang. Fungsi dari teknik ini dapat disamakan dengan alat musik melodi seperti gitar, biola dan xylophone.

    Suara yang dihasilkan dari teknik ini tidaklah tinggi, namun biasanya dimainkan bisa dengan dua melodi yang pertama terdapat dua melodi yang saling di kombinasi dan akan menghasilkan suara seperti dua orang yang menyanyi secara duet/duo. Dan satunya akan dimainkan dengan nada yang sama tapi memiliki oktaf yang berbeda-beda, mirip seperti acapella.
  2. Juke
    Selanjutnya teknik memainkan yang nantinya Kolintang akan berfungsi sebagai sebuah Juke pada orkes keroncong. Biasanya ada 3 alat pemukul untuk memainkan alat musik ini, dimana 1 alat pemukul ada di tangan kiri dan 2 alat pemukul lainnya di tangan kanan.

    Teknik ini mungkin agak lebih susah dari biasanya.Cara memegangnya yaitu alat pemukul yang ada di tangan kiri akan dipegang secara biasa saja dan dua pemukul lainnya akan dipegang oleh tangan kanan tetapi cara memegangnya harus sama dengan para pemain lain.Alat pukul yang di tangan kanan akan dijepit di antara ibu jari dan telunjuk atau bisa juga menggunakan jari tengah dan alat pemukul kedua akan dijepit di antar jari manis.

  3. Benjo
    Teknik yang satu ini hampir sama dengan Juke, dimainkan juga dengan menggunakan 3 alat pemukul namun dalam cara pemukulannya akan berbeda dengan Juke. Teknik Benjo ini biasanya akan memukul lebih banyak dari pada teknik Juke.Dalam satu kali bunyi biasanya akan dihasilkan dari 5-10 kali pukulan. Irama pukulan ini juga harus sesuai dengan tempo atau lagu yang dibawakan.

  4. Gitar
    Sama halnya dengan Juke dan Benjo, teknik ini juga sebenarnya tidak berbeda jauh dan memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pengiring sebuah lagu. Dan sama halnya dengan Juke dan Benjo teknik ini juga menggunakan 3 alat pemukul, namun ada perbedaan dari cara memukulnya dan hasil suara yang dihasilkan.

    Cara memukul pada teknik ini adalah melakukan pukulan yang jumlahnya lebih sedikit dari Benjo, hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan akan terdengar seperti suara Cello dan oktafnya juga lebih rendan dari pada Benjo.

  5. Bass
    Teknik yang satu ini adalah teknik yang paling sering digunakan. Teknik Bass hanya bisa dimainkan dengan menggunakan dua alat pemukul saja dan teknik pemukulannya juga berbeda yaitu dengan memukul balok secara satu persatu dan tidak boleh berbarengan.

24. Cara Memainkan Alat Musik Gambang Kromong

Cara Memainkan Alat Musik Gambang Kromong
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Gambang Kromong

Gambang merupakan salah satu alat musik tradisional yang pada badannya terdapat 18 bilah bambu yang nantinya jika dipukul akan menghasilkan suara, oleh karena itu alat musik ini dikategorikan sebagai alat musik yang cara memainkannya adalah dengan dipukul. Gambang merupakan bagian dari alat musik Gambang Kromong yang terdapat di Betawi.

25. Cara Memainkan Alat Musik Gambus

Cara Memainkan Alat Musik Gambus
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Gambus

Dalam memainkan alat musik Gambus kita memerlukan teknik khusus, hal ini dikarenakan Gambus tidak memiliki fret seperti yang ada pada Gitar dan jumlah senarnya tidaklah sama seperti Gitar yaitu 3 sampai 12 senar. Sebenarnya akord yang ada pada Gambus itu sama dengan yang ada pada Gitar, namun topologi oud yang gripless membuat kita harus sangat mengandalkan feeling yang bagus untuk mengenali nada-nadanya. Pola permainan Gambus juga mirip dengan pola pada Gitar Melodi, namun pada Gambus oud biasanya akan mengikuti irama dari vokal yang biasa disebut dengan maqam (Arab), makam (Turki), atau lagam (Indonesia).

26. Cara Memainkan Alat Musik Harpa

Cara Memainkan Alat Musik Harpa
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Harpa

Harpa merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan cara di petik. Harpa merupakan alat musik yang bisa dimainkan secara solo, namun lebih sering digunakan pada suatu orkestra musik. Untuk peletakannya atau cara memegangnya ada beberapa macam tergantung dari bentuk Harpa itu sendiri. Jika ukuran Harpa kecil cara memainkannya sambil dipangku atau bisa juga dengan dililitkan kain sebagai pegangan di pundak. Apabila ukuran Harpa besar maka akan diletakkan di lantai.

27. Cara Memainkan Alat Musik Aramba

Cara Memainkan Alat Musik Aramba
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Aramba

Pada umumnya cara memainkan alat musik Aramba adalah dengan cara dipukul menggunakan alat pukul pada bagian tengah yang menonjol. Alat musik ini memiliki suara yang mirip seperti Gong namun sebenarnya berbeda. Bunyi yang dihasilkan merupakan bunyi idiofon karena memang alat musik ini menghasilkan suara dari alat musik itu sendiri dan karena pukulan oleh alat pukul ke badan alat musik itu sendiri.

28. Cara Memainkan Alat Musik Arumba

Cara Memainkan Alat Musik Arumba
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Arumba

Arumba merupakan alat musik yang memiliki nama lain yaitu Angklung Pa Daeng. Arumba ini lebih sering dimainkan secara solo atau sendirian, cara memainkannya yaitu dengan menggantungkan anklung-anklung tersebut pada sebuah tiang gantung yang biasanya ada 2 tinggak. Urutan penggantungannya adalah Angklung yang dijadikan sebagai nada utama akan diletakan di bawah dan yang berfungsi sebagai nada sisipan berada di bagian atas.

Untuk membunyikan atau cara memainkan alat musik Arumba ini adalah dengan cara menggetarkan atau menggoyangkan angklung yang berada pada gantungan tersebut. Karena alat musik ini biasa dimainkan secara solo, dulu ada orkes angklung Pa Daeng / Arumba yang  sukses dimainkan dengan hanya 4 orang saja.

29. Cara Memainkan Alat Musik Serunai

Cara Memainkan Alat Musik Serunai
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Serunai

Serunai merupakan salah satu alat musik tradisional dari daerah Minang. Cara memainkan alat musik Serunai sama halnya dengan cara memainkan alat musik Suling, yaitu dengan cara ditiup. Dengan menutup lubang-lubang yang ada dibadan Serunai kita akan menghasilkan nada-nada yang berbeda, karena memang lubang-lubang tersebut berguna sebagai pengatur nada.

30. Cara Memainkan Alat Musik Ceng Ceng

Cara Memainkan Alat Musik Ceng Ceng
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Ceng Ceng

Alat musik Ceng Ceng merupakan alat musik yang cara memainkannya adalah dengan cara Ceng Ceng yang ada di bagian atas dipukulkan ke bagian tembaga bundar yang ada di bagian bawahnya, suara yang dihasilkan dari alat musik ini akan sama seperti namanya yaitu “ceng-ceng-ceng”.

Bisa juga dimainkan dengan cara sang pemain Ceng-Ceng memegang kedua bagian atas yang ada di alat musik Ceng-Ceng menggunakan kedua tangan. Lalu saling dipukulkan dan akan menghasilkan suara yang nyaring dan juga keras, suara ini juga merupakan suara yang khas simbal dari Bali.

31. Cara Memainkan Alat Musik Pianika

Cara Memainkan Alat Musik Pianika
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Pianika

Ada hal yang harus sangat diperhatikan pada saat kita bermain alat musik pianika, yaitu kita harus benar-benar memperhatikan jari kita. Hal ini dikarenakan setiap jari-jari harus menekan tuts yang berbeda-beda. Dan kita akan dituntut untuk memecah fokus antara menekan tuts dan juga mengatur pernafasan yang baik dan benar.

Sebelum menuju ke langkah-langkah memainkan Pianika alangkah baiknya kita mengetahui dahulu fungsi tuts yang ada di Pianika.

  1. Tuts berwarna putih berguna untuk memainkan nada-nada poko/asli
  2. Tuts berwarna hitam berguna untuk memainkan nada-nada kronis

Langkah – langkah dalam memainkan pianika :

  • Pertama-tama yang harus diperhatikan adalah cara memegangnya, yaitu gunakan tangan kiri untuk memegang Pianika, tangan kanan digunakan untuk menekan tuts pada Pianika dan mulut untuk meniup alat musik Pianika.
  • Pada saat kalian menekan tuts usahakan lemaskan jari kalian agar lebih mudah pada saat pindah dari satu tuts ke tuts lain dan setiap jari memiliki tugas menekan tuts yang berbeda-beda.
  • Latihlah olah pernafasan kalian, diusahakan lakukan penarikan dan penghembusan nafas secara bersamaan sehingga tidak ada jeda saat permainan dimulai. Dari pernafasan yang teratur dan benar kita bisa menghasilkan nada yang lembut.

Posisi-posisi jari yang benar pada saat menekan tuts

  1. Ibu jari sebagai jari nomor 1
  2. Jari telunjuk sebagai jari nomor 2
  3. Jari tengah sebagai jari nomor 3
  4. Jari manis sebagai jari nomor 4
  5. Jari kelingking sebagai jari nomor 5

32. Cara Memainkan Alat Musik Calung

Cara Memainkan Alat Musik Calung
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Calung

Alat musik Calung adalah alat musik yang berasal dari Sunda dan cara memainkannya adalah dengan cara dipukul. Alat musik Calung memang terlihat seperti Angklung dan juga bisa dimainkan dengan cara digoyangkan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan Calung biasnaya menggunakan bambu, namun bambunya tidak boleh sembarang. Bambu yang biasanya digunakan seperti: bambu hitam (awi wulung) atau bisa juga bambu berwana putih (awi temen).

Untuk mempelajari Calung Sunda ini kita sebelumnya harus mengetahui tangga nada yang dimiliki dari alat musik Calung ini. Adapun tangga nada yang dimiliki Calung yaitu Da – Mi – Na – Ti – La (Pentatonik). Adapun cara memainkan alat musik Calung :

  • Untuk cara memainkannya pertama-tama gunakan tangan kiri untuk menjinjing (mengangkat) Calung dan gunakan tangan kanan untuk memukul bambu yang ada di Calung menggunakan alat pemukul.
  • Pukul bambu pada Calung mengikuti tangga nada baik secara maju maupun mundur, ulangi terus menerus.
  • Lalu cobalah untuk mengikuti nada dari alat musik Suling.

33. Cara Memainkan Alat Musik Piano

Cara Memainkan Alat Musik Piano
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Piano

Adapun cara memainkan alat musik Piano yang baik dan benar seperti berikut :

  1. Pertama yang harus diperhatikan dalam memainkan Piano adalah menentukan bentuk atau posisi tangan yang tepat agar nantinya bisa mempelajari teknik-teknik yang bahkan susah sekalipun.
  2. Mainkan Piano dengan gerakan yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar kita bisa menciptakan suatu koordinasi pada saat kita pindah dari akord satu ke akord lain, hal ini harus dilakukan secara rutin.
  3. Mengenal akord pada Piano. Akord yang ada di Piano sebenarnya sama saja seperti yang ada di Gitar yaitu C, F, A, Em, B, dan lain sebagainya. Untuk lebih mudah dalam mengenali akord pada Piano akan lebih baik jika dimulai dari akord mayor sampai ke akord minor.
  4. Berlatih meletakkan jari pada Piano. Hal ini dilakukan agar jari-jari kita terbiasa untuk berada di atas Piano, karena nantinya kita tidak selalu menggunakan 3 jari saja, ada juga akord yang harus menggunakan lebih dari 3 jari. Contohnya pada akord Cm7, kita memerlukan 4 jari untuk memainkannya.
  5. Berlatih melemaskan jari. Latihan untuk melemaskan jari bisa dilakukan dengan sering memainkan Piano dan mainkan dengan cara berpindah dari akord satu ke akord lainnya secara terus menerus. Lakukan dengan perlahan dan benar terlebih dahulu karena jika kecepatan akan muncul dengan sendirinya jika kita sudah mulai terbiasa.
  6. Berlatih dengan memainkan lagu. Agar kita lebih enjoy dalam berlatih, pilih lagu yang kalian suka, ketahui akordnya lalu mainkan sesuai ketukan yang tepat. Aku sarankan dalam memiliki lagu pilihlah lagu dengan akord awalan yaitu C untuk lagu yang berjenis mayor dan untuk lagu yang berjenis minor cari akord awalan yaitu Am.
  7. Berlatih menetapkan irama dan menghitung ketukan. Latihan ini berfungsi agar nantinya pada saat bermain kita akan lebih tepat untuk irama dan ketukannya dan kita akan lebih mudah berkonsentrasi dalam menentukan panjangnya ketukan pada sebuah lagu.
  8. Berlatih secara rutin. Hal ini wajib dilakukan agar kemampuan kita akan selalu terasah setiap saat dan akan membuat kita semakin ahli lagi dalam bermain Piano.

34. Cara Memainkan Alat Musik Biola

Cara Memainkan Alat Musik Biola
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Biola
  1. Kencangkan bow / busur (alat penggesek senar Biola)

  • Rambut (bulu) yang ada pada bow biasanya akan dikendurkan jika sedang tidak dipakai. Oleh karena itu, kalian harus mengencangkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Caranya sama seperti kita menyetel senar pada Gitar yaitu dengan memutar skrup yang ada di bagian ujung bow. Putar terus sampai ada jarak antara rambut dengan tangkai bow lebih kurang selebar lingkaran pensil.
  • Jangan gunakan jari kita untuk mengukur jaraknya, karena minyak alami yang dimiliki kulit jari bisa menempel ke rambut bow. Hal ini dikarenakan rambut bow harus selalu kering dan jelas harus bebas minyak agar dapat menghasilkan suara yang baik.
  1. Gosok rambut bow dengan rosin (damar)

  • Rosin biasa ada dua jenis, ada yang berwarna gelap dan ada yang berwarna cerah, tapi dua-duanya sama aja. Tujuan langkah ini dilakukan yaitu supaya rambut pada bow menjadi agak lengket dan ketika digesekkan ke senar pada Biola, bow bisa mencengkeram senar yang ada pada biola.
  • Cara menggosoknya adalah gosok rambut bow dengan rosin secara lembut dari ujung ke ujung. Lakukan 3 sampai 4 kali saja, tidak perlu banyak-banyak, karena jika terlalu banyak yang terjadi adalah rambut akan menjadi sangat lengket dan terlalu kuat mencengkeram senar biola dan akan menghasilkan suara yang terlalu nyaring.
  1. Menyetem senar biola

  • Langkah selanjutnya adalah melakukan stem biola, hal ini dilakukan agar nada yang dihasilkan pada setiap senar tidak fals atau sesuai dengan tangga nada. Tangga nada pada senar biola urut dari nada yang terendah hingga tertinggi yaitu G – D – A – E.
  • Untuk mempermudah saat melakukan stem gunakanlah tuner atau peluit nada. Putar pasak tuning yang ada di bagian ujung leher biola sampai menemukan nada yang tepat.
  1. Cara memegang bow (tongkat gesek)

  • Posisikan bagian tengah dari jari telunjuk kalian di pegangan tongkat yang tersedia (pegangan tongkat akan terasa sedikit empuk) lalu ibu jari diletakkan di bagian sebaliknya untuk menahannya. Dan untuk posisi jari tengah sampai jari kelingking yaitu sejajar dengan jari telunjuk, dengan posisi jari kelingking lumayan dilengkungkan.
  • Peganglah bow dengan santai dan jangan kaku, sehingga akan lebih mudah ketika menggesekannya ke senar biola.
  1. Cara memegang Biola

  • Memainkan Biola bisa dilakukan dengan berdiri atau juga duduk, lalu peganglah leher Biola menggunakan tangan kiri dan letakkan bagian bawah Biola di tulang bahu dan tempelkan ke leher kalian.
  • Jepit atau tahan bagian bawah Biola menggunakan tulang rahang. Hal ini dilakukan agar Biola tidak berpindah-pindah tempat dan tetap stabil.
  1. Sempurnakan posisi tangan

  • Posisikan tangan kiri kalian sedikit dibawah dagu, agar posisi Biola lurus dan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Peganglah Bow dengan tangan kanan dan angkatlah lengan kalian setinggi mungkin untuk memudahkan pada saat menggesekan bow ke senar yang bernada rendah hingga yang tinggi.
  • Jika kalian terus menjaga posisi tersebut maka dengan sendirinya kalian akan nyaman dengan posisi seperti itu.
  1. Mulailah belajar menggesek senar biola

  • Untuk pertama kali cobalah untuk menggesek senar dalam keadaan loss (tidak dipencet). Lakukan gesekkan yang panjang dan juga pendek secara berulang-ulang. Lalu cobalah sambil menekan senar, tidak perlu terlalu keras dahulu, cobalah perlahan-lahan hingga kalian merasa suara yang dihasilkan sudah cocok.
  • Jika sudah merasa kalian bisa untuk memainkan Biola sambil menekan senarnya maka langkah selanjutnya adalah melatih memainkan nada seperti do-re-mi-fa-sol-la-si baik pada setiap senar ataupun antara senar.

35. Cara Memainkan Alat Musik Sasando

Cara Memainkan Alat Musik Sasando
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Sasando

Dalam memainkan atau memetik alat musik sasando tidak boleh sembarang ada aturan khususnya, terutama untuk perpindahan jari dari nada yang tinggi ke nada yang rendah diperlukan stabiliser. Satu orang pemain biasnaya memainkan 3 irama yaitu, melodi, ritmis dan juga bass. Dimana jari-jari tangan kiri berfungsi untuk memetik bass dan melodi, lalu jari-jari tangan kanan untuk memainkan akord.

Lalu hal utama yang harus dilakukan adalah mengetahui urutan atau tangga nada yang ada pada alat musik Sasando. Cara memainkan alat musik Sasando bagi pemula ada di bawah ini :

Tangan kiri

  • Jari telunjuk pada tangan kiri diposisikan pada nada B atau bisa juga disebut nada 7. Setelah jari telunjuk memetik nada B atau 7 tersebut, maka harus kembali ke posisi dawai itu lagi lalu jari tengah dan ibu jari akan berpindah-pindah sesuai peran dan lagu yang dimainkan.
  • Tiga jari tangan kiri lainnya berfungsi untuk memainkan melodi dan bass pada nada-nada D1, C1, G2, F, G, Fis, B, C, D dan terus naik sampai nada tertinggi.
  • Jari tengah pada tangan kiri, memainkan nada-nada F, Fis, G, G2, C, dan bisa juga mencapai nada D1 yaitu 4, 4, 5, 5, 1, 2. Nada F, Fis, G sebagai nada melodi, lalu untuk nada C1, G2 dan D1 sebagai bass.
  • Ibu jari pada tangan kiri memiliki tugas untuk memainkan nada-nada C, D, E, F, dan akan terus naik sampai ke nada tertinggi.

Tangan kanan

  • Tugas utama dari tiga jari pada tangan kanan adalah memainkan nada-nada pengiring atau irama lagu dan bisa juga memainkan nada pelengkap melodi dan juga bass. Ibu jari ini memainkan nada-nada A, E, D, dan C.
  • Nada A biasanya berperan sebagai pelengkap melodi dan bisa juga sebagai nada pengiring. Jari telunjuk pada tangan kanan akan memainkan nada-nada C, B1, dan A, yang merupakan nada pengiring. Jari tengah pada tangan kanan memainkan nada-nada A1, G1, G1, E, dan D1, yang merupakan nada pengiring dan bass.
  • Gerakan dari tiga jari pada tangan kanan ini selalu berpindah-pindah, jarak pindahnya tidak terlalu jauh. Tiga jari ini juga memiliki tugas untuk memetik bisa tiga nada secara serentak atau bisa juga berganti-gantian mengikuti irama lagu yang dibawakan atau mengikuti melodi yang dimainkan oleh tiga jari pada tangan kiri.
  • Susunan nada-nada yang ada pada contoh diatas adalah untuk lagu yang memiliki nada dasar c = do. Jika ingin memainkan dengan nada dasar lain, misalnya d = do atau a = do maka senar pada Sasando harus di stem ulang.

36. Cara Memainkan Alat Musik Harmonika

Cara Memainkan Alat Musik Harmonika
Illustrasi Cara Memainkan Alat Musik Harmonika

Dalam memainkan alat musik Harmonika ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti :

Posisi memegang Harmonika

Hal ini adalah yang utama yang harus kita lakukan karena dalam memegang Harmonika tidak boleh sembarangan. Untuk memegangnya kalian harus menggunakan cara menempatkan pangkal jari telunjuk tangan kiri di atas Harmonika, ibu jari tangan kiri ada di bawah Harmonika dan untuk tangan kanan akan memegang bagian Harmonika sebelah kanan. Dan selalu usahakan lubang-lubang yang ada di belakang Harmonika selalu terbuka karena itu adalah tempat dimana suaranya keluar.

Meniup harmonika

Pada Harmonika Diatonik biasanya memiliki 10 lubang yang berukuran kecil dan agak berdempetan. Kalian akan dikatakan ahli dalam bermain Harmonika jika kalian bisa membunyikan salah satu lubang tanpa membunyikan lubang lainnya atau bisa juga disebut single note. Adapun teknik yang digunakan untuk menutup lubang tersebut :

  1. Teknik Siul
    Teknik Siul ini akan memanfaatkan bentuk bibir kita ketika sedang bersiul. Bentuklah bibir kalian seperti saat sedang bersiul, lalu tempelkan lubang Harmonika dan cobalah untuk meniup satu lubang saja dan usahakan lubang lainnya tidak bersuara.
  1. Teknik Lidah
    Teknik yang satu ini mungkin akan sering digunakan, Teknik Lidah ini akan menggunakan lidah untuk menentukan lubang mana yang akan kita tiup. Langkah pertama adalah tempelkan ujung lidah pada sebuah lubang yang akan dimainkan, setelah itu cobalah untuk meniupnya secara perlahan sampai mengeluarkan suara.

    Pada saat latihan mungkin kalian akan merasakan pegal pada bagian bibir kalian, hal ini dikarenakan bibir selalu menentukan nada mana yang akan berbunyi, tapi jangan cemas seiring dengan rutinnya kalian berlatih maka nantinya kalian akan handal dan mulai terbiasa.

Posisi Nada dalam Harmonika

Setelah mengetahui cara meniup Harmonika ada satu hal lagi yang perlu kalian ketahui, yaitu mengetahui dimana letak nada dasar pada Harmonika. Nada dasar terletak pada :

  • Do  = lubang 4 ditiup
  • Re  = lubang 4 dihisap
  • Mi  = lubang 5 ditiup
  • Fa  = lubang 5 dihisap
  • Sol = lubang 6 ditiup
  • La = lubang 6 dihisap
  • Si = lubang 7 dihisap
  • Do = lubang 7 ditiup

Cobalah semua lubang tersebut dan latihlah secara berulang-ulang sehingga kalian mulai terbiasa dan mudah dalam memainkan nada-nada tersebut.

Selesai sudah pembahasan tentang 36 cara memainkan alat musik baik tradisional maupun modern, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian untuk belajar bagaimana cara memainkan alat musik yang ada di atas ini.

Alat Musik :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *